askeb bercak mongol


askeb bercak mongol

askeb bercak mongol


BAB I
PENDAHULUAN
1.1    Latar Belakang
Tanda lahir atau naevus adalah tanda berwarna yang ditemukan pada kulit bayi yang baru lahir. Tanda ini bisa terjadi dalam berbagai warna seperti biru, biru-abu-abu, cokelat, cokelat, hitam, pink, putih, merah dan ungu. Defenisi medis menyebutkan bahwa tanda lahir merupakan kelainan kulit pada anak baru lahir (neonatus) dimana satu atau lebih komponen normal kulit dijumpai dalam jumlah berlebih per unit area ; dapat berupa pembuluh darah, pembuluh limfa, sel pigmen, folikel rambut, kelenjar keringat, epidermis, kolagen, elastin atau komponen kulit lainnya. Disamping itu, istilah nevus yang sering disamakan dengan tahi lalat juga sering digolongkan sebagai tanda lahir. Kata yang berasal dari kata Latin ‘naevus’ memang berarti tanda dari ibu. Kasusnya sangat sering dijumpai dan sangat umum, bahkan sebuah survei menyebutkan angka insidensnya mencapai 99% pada neonatus. Mereka membagi tanda lahir ini atas pembagianyangberbeda-beda, namun berdasarkan jenisnya ada banyak yang sering dijumpai, antara lain yang disebut Mongolian spots yang sering dijumpai pada bayi Asia dan kulit hitam, salmon patch, port-wine stain, strawberry marks, nevus sebaseus, bercak café au lait.
Penyebab tanda lahir belum terbukti oleh ilmu pengetahuan. Banyak ahli berpendapat bahwa tanda lahir diwarisi dari orang tua atau anggota keluarga lainnya. Alasan lain yang diberikan adalah karena pertumbuhan pembuluh darah yang berlebihan. Tetapi ada juga tentang cerita rakyat dan mitos yang terkait dengan tanda lahir tetapi tidak satupun dari mereka telah terbukti untuk menjelaskan penyebab tanda lahir. Beberapa mitos yang tanda lahir disebabkan ketika wanita hamil melihat sesuatu yang aneh atau dia mengalami banyak ketakutan. Terjadinya tanda lahir lebih banyak terjadi pada wanita dibandingkan pada laki-laki.
Secara lebih besar, penggolongan lain menggolongkannya dalam tanda lahir sel pigmen dimana pigmen lebih berperan, tanda lahir epidermal, tanda lahir jaringan ikat, saluran limfa serta tanda lahir vaskuler. Prognosisnya sendiri juga bermacam-macam, ada yang menetap secara permanen, ada yang bisa menghilang spontan atau malah ada yang berhubungan dengan kelainan organ atau sistem tubuh. Karena itu tak semua tanda lahir pada hakikatnya harus dibiarkan saja, melainkan harus mendapat penatalaksanaan yang benar berdasarkan jenisnya serta berdasarkan pertimbangan estetis, fungsional serta psikologis.
1.2  Rumusan Masalah
1.        Ap yang dimaksud dengan bercak mongol ?
2.        Apa penyebab dari terjadinya ruam bercak mongol ?
3.        Apa gejala dari ruam popok/diaper bercak mongol ?
4.        Bagaimana penatalaksanaan dari bercak mongol ?
5.        Bagiamana implementasinya dalam memberikan asuhan kepada bayi dengan bercak mongol ?

1.3  Tujuan
Tujuan umum
Untuk memenuhi penugasan kelompok dari mata kuliah asuhan kebidanan neonates.
Tujuan khusus
1.        Untuk mengetahui pengertian dari bercak mongol.
2.        Untuk mengetahui penyebab bercak mongol.
3.        Untuk mengetahui gejala bercak mongol.
4.        Agar mampu memberikan penatalaksanaan dari bercak mongol.
5.        Agar mampu memberikan asuhan kepada bayi dengan bercak mongol






BAB II
PEMBAHASAN

2.1 Definisi
Bintik Mongolia, daerah pigmentasi biru-kehitaman, dapat terlihat pada semua permukaan tubuh, termasuk pada ekstremitas. Bercak ini lebih sering terlihat di punggung dan bokong. Daerah pigmentasi ini terlihat pada bayi-bayi yang berasal dari Mediterania, Amerika Latin, Asia, Afrika, atau beberapa wilayah lain di dunia. Bercak-bercak ini lebih sering terlihat pada individu berkulit lebih gelap tanpa memperhatikan kebangsaannya. Bercak ini secara bertahap akan lenyap dengan sendirinya dalam hitungan bulan atau tahun (Dasar-dasar Keperawatan Maternitas Edisi 6, Persis Mary Hilton, EGC)
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj6yYdS8TS48GrosuHArLcsW7KmRwoBnp-PLND4TA4obQb2D62SPm-ecTz0LOXaXwFK9HbjgJwbwGkBvHYenb2AxrYsl8aQ42XMf_dxh4BkKXme6a7tqj84zQQSFMnsx0gi9wC6-RQIDBs/s1600/bercak_mongol.jpeg
Bercak mongol adalah bercak datar normal berwarna hijau kebiruan atau abu kebiruan  yang ditemukan pada 90% bayi Amerika, Asia, Hispanik dan Afrika Amerika dan 10%nya terjadi pada bayi Kaukasia, khususnya keturunan Mediterania. Paling sering pada daerah punggung, bokong, tapi dapat pula ditemukan pada bagian tubuh lain. Memiliki bermacam ukuran dan bentuk, tidak memiliki hubungan dengan penyakit tertentu. Kebanyakan akan memudar pada usia 2 atau 3 tahun, walaupun bekasnya akan bertahan sampai dewasa. (www.legachyhealth.org)       
Bercak mongol terlihat seperti bercak rata berwarna biru, biru hitam, atau abu-abu dengan batas tegas, bisa berukuran sangat besar dan mirip dengan tanda lebam. Umumnya terdapat pada sisi punggung bawah, juga paha belakang, kaki, punggung atas dan bahu. Biasanya dimiliki pada 9 dari 10 anak berkulit hitam, keturunan Mediterania dan keturunan Indian dan sangat jarang terjadi pada bayi berambut pirang dan berwarna biru.            
Bercak mongol merupakan sekumpulan padat melanosit, sel kulit yang mengandung melanin, pigmen normal kulit. Saat melanosit muncul ke permukaan kulit, akan terlihat coklat tua. Semakin jauh dari permukaan kulit, melanosit akan terlihat semakin biru. Selain itu, bercak mongol tidak berhubungan dengan memar atau kondisi medis lainnya. Bercak mongol tidak menjurus pada kanker ataupun masalah lain. (www.drgreene.com)
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjVRaj22IAy5XJraT-GvTVU5CMrtGtW6rRLUhVSaODDhV7_oZi3xtDuVy8dSvVxF6-4uJlKTKuK3OyfihKa57_-B5d_TTHpxdr5_Aaarr6zmFDbL3SPuE84-sdiIUFkJnzZl2JMF9yIgAyb/s320/bagian-kulit.jpg2.2 Fisiologi Kulit






Kulit adalah lapisan jaringan yang terdapat pada bagian luar menutupi dan melindungi permukaan tubuh, berhubungan dengan selaput lendir yang melapisi rongga – rongga, lubang – lubang masuk. Pada permukaan kulit bermuara kelenjar keringant dan kelenjar mukosa. Kulit terdiri dari tiga lapisan yaitu epidermis, dermis, dan subkutan (Syaifudin, 2006).
a.         Epidermis
Epidermis terdiri dari beberapa lapisan sel yaitu :
1.       Stratum koneum
Selnya sudah mati, tidak mempunyai inti sel, inti selnya sudah mati, dan mengandung zat keratin.
2.       Stratum lusidum
Selnya pipih, bedanya dengan stratum granulosum adalah se – sel sudah banyak yang kehilangan inti dan butir – butir sel telah menjadi jernih sekali dan tembus sinar. Lapisan ini hanya terdapat di telapak tangan dan telapak kaki. Dalam lapisan terlihat seperi suatu pita yang bening, batas – batas sel sudah tidak begitu terlihat.
3.       Sratum granulosum
Stratum ini terdiri dari sel – sel pipih seperti kumparan. Sel – sel tersebut terdapat hanya 2 – 3 lapis yang sejajar dengan permukaan kulit. Dalam sitoplasma terdapat butir – butir yang disebut keratohialin yang merupakan fase dalam pembentukan keratin oleh karena banyaknya butir – butir stratum granulosum.
4.       Sratum spinosum/stratum akantosum
Lapisan sratum spinosum/stratum akantosum merupakan laisan yang paling tebal dan dapat mencapai 0,2 mm terdiri dari 5 – 8 lapisan. Sel – selnya disebut spinosum karena jika kita lihat di bawah mikroskop sel – selnya terdiri dari sel yang bentuknya poligonal (banyal sudut) dan mempunyai tanduk (spina). Disebut akantosum karena sel – selnya berduri. Ternyata spina dan tanduk tersebut adalah hubungan antara sel yang lain yang disebut intercelular bridges atau jembatan interseluler.
5.       Stratum basal/geminatifum
Stratum basal/geminatifum disebut basal karena sel – selnya terletak di bagian basal. Stratum germatifum menggantikan sel – sel yang diatasnya dan merupakan sel – sel induk. Bentuknya silindris (tabung) dengan inti yang lonjong. Di dalamnya terdapat butir – butir yang halus disebut butir melanin warna. Sel tersebut seperti pagar (palidase) di bagian bawah sel tersebut terdapat suatu membran yang disebut membran basalis. Sel – sel basalis dengan membran basalis merupakan batas bawah dari epidermis dengan dermis. Ternyata batas ini tidak datar tetapi bergelombang. Pada waktu kerium menonjol pada epidermis tonjolan ini disebut papila kori (papila kulit), dan epidermis menonjol ke arah korium. Tonjolan ini disebut rete ridges atau rete pegg (prosessus interpapilaris).
b.         Dermis
Dermis merupakan lapisan kedua dari kulit. Batas dengan epidermis dilapisi oleh membran basalis dan di sebelah bawah berbatasan dengan subkutis tetapi batas ini tidak jelas hanya kita ambil sebagai patokan adalah mulainya terdapat sel lemak.
Dermis terdiri dari dua lapisan yaitu bagian atas , pars papilaris (stratum papilar) dan bagian bawah, retikularis (stratum retikularis). Batas antara pars papilaris dan pars retikularis adalah bagian bawahnya sampai ke subkutis. Baik pars papilaris maupun pars retikularis terdiri dari jaringan longgar yang tersusun dari serabut – serabut yaitu  serabut kolagen, serabut elastis, dan serabut retikulus.
Serabut ini saling beranyaman dan masing – masing mempunyai tugas yang berbeda. Serabut kolagen, untuk memberikan kekuatan pada kulit, serabut elastis, memberikan kelenturan pada kulit, dan retikulus, terdapat terutama di sekitar kelenjar dan folikel rambut dan memberikan kekuatan pada alai tersebut.
c.         Subkutan
Subkutis terdiri dari kumpulan – kumpulan sel – sel lemak dan di antara gerombolan ini berjalan serabut – serabut jaringan ikat dermis. Sel – sel lemak ini bentuknya bulat dengan intinya terdesak di pinggir, sehingga membentuk seperti cincin. Lapisan lemak ini disebut penikulus adiposus yang tebalnya tidak sama pada tiap – tiap tempat dan juga pembagian antara laki – laki dan perempuan tidak sama (berlainan). Guna penikulus adiposus adalah sebagai shock breaker atau pegas bila tekanan trauma mekanis yang menimpa pada kulit, isolator panas atau untuk mempertahankan suhu, penimbunan kalori, dan tambahan untuk kecantikan tubuh. Di bawah subkutis terdapat selaput otot kemudian baru terdapat otot.


Etiologi
Bercak mongol bawaan sejak lahir, warna khas dari bercak mongol ditimbulkan oleh adanya melanosit yang mengandung melanin pada dermis yang terhambat selama proses migrasi dari krista neuralis ke epidermis. Lebih dari 80% bayi yang berkulit hitam. Orang Timur dan India Timur memiliki lesi ini, sementara kejadian pada bayi yang kulit putih kurang dari 10%. Lesi-lesi yang tersebar luas, terutama pada tempat-tempat yang tidak biasa cenderung tidak menghilang.
Hampir 90% bayi dengan kulit berwarna atau kulit Asia (Timur) lahir dengan bercak ini,namun pada bayi Kaukasia hanya 5 %. Lesi ini biasanya berisi sel melanosit yang terletak di lapisan dermis sebelah dalam atau di sekitar folikel rambut. Kadang-kadang tersebar simetris, dapat juga unilateral. Bercak ini hanya merupakan lesi jinak dan tidak berhubungan dengan kelainan-kelainan sistemik. (iskandar, 1985) .
Jadi penyebab tersering terjadinya bercak mongol adalah:
  1. Adanya melanosit yang mengandung melanin pada dermis yang terhambat selama proses migrasi dari krista neuralis ke epidermis
  2. Keturunan genetik
  3. Banyak terjadi pada ibu yang memiliki kulit gelap (memiliki pigmentasi kulit)
Bercak ini akan hilang dengan sendirinya pada tahun pertama dan kedua kehidupannya. Bidan harus dapat memberikan konseling kepada orang tua bahwa becak mongol tersebut wajar dan akan hilang sendiri tanpa pengobatan, sehingga orang tua tidak perlu khawatir akan keadaan bayinya.(2)
2.3 Patofisiologi
Bercak mongol rata-rata muncul pada umur kehamilan 38 minggu. Mula-mula terbatas di fossa koksigea lalu menjalar ke regio lumbosakral. Tempat lain yaitu didaerah orbita : sclera atau fundus mata dan daerah zigomaticus (nevus ota), daerah deltotrapezeus (nevus ito).
Nevus ota dan nevus ito biasanya menetap, tidak perlu diberikan pengobatan, cukup dengan tindakan konservatif saja. Namun bila penderita telah dewasa, pengobatan dapat diberikan dengan alasan estetika. Akhir-akhir ini dianjurkan pengobatan dengan sinar laser.
2.4 Gejala Klinis
Tanda lahir ini biasanya berwarna coklat tua, abu-abu batu, atau biru kehitaman. Terkadang bintik mongol ini terlihat seperti memar. Biasanya timbul pada bagian punggung bawah dan bokong, tetapi sering juga ditemukan pada kaki, punggung, pinggang, dan pundak. Bercak mongol juga bervariasi dalam ukuran, dari sebesar peniti sampai berdiameter enam inchi. Seorang anak bisa memiliki satu atau beberapa bercak mongol. (1)(2)
Bercak Mongol merupakan bercak kebiruan, kehitaman atau kecoklatan yang lebar, terdapat di daerah bokong. Bercak ini timbul pada umur kehamilan  38 minggu. Bercak ini dapat menghilang setelah beberapa bulan atau sekitar satu tahun. Tempat timbul lainnya dapat pada daerah mata dan pipi. Adanya bercak kebiru-biruan atau biru-kehitaman pada bagian punggung, bokong. Bagian bawah spina, pada bahu atau bagian lainnya. Biasanya bercak mongol ini terlihat sebagai :
  1. Luka seperti pewarnaan.
  2. Daerah pigmentasi memiliki tekstur kulit yang normal.
  3. Area datar dengan bentuk yang tidak teratur.
  4. Area tersering di daerah belakang (lumbal sacral) karena banyak nya sel melanosit yang tertangkap pada bagian belakang yang menyebabkan bercak pada bayi yang sering dikenal dengan bercak mongol.
  5. Biasanya akan menghilang dalam hitungan bulan atau tahun.
  6. Tidak ada komplikasi yang ditimbulkan.




Tanda lahir sel pigmen yang lain  
1. Bercak kopi susu (café au lait)
C:\Users\Aspire 4520\Desktop\edit\folder\abang\index.png
Merupakan macula oval berwarna coklat muda
(coklat tua pada kulit hitam)  yang dapat dijumpai
pada setiap bagian tubuh 10 % pada anak kulit
 putih dan 22 % pada anak kulit hitam.







2. Nevus tipe junctional dan Nevus tipe Compaund
C:\Users\Aspire 4520\Desktop\edit\folder\abang\index1.png
Macula coklat tua atau hitam, saat lahir
jumlahnya sedikit dan semakin bertambah
usia semakin banyak. Secara histology
merupakan klon-klon melanosit yang
besar dengan bertambahnya usia semakin
menonjol (papul), membentuk melanosit
intradermal (compaund), permukaan
menjadi ireguler dan kasar.




3. Nevus intradermal dan Nevus biru
  Papul soliter coklat sampai biru dengan permukaan licin. Jika pigmentasi berada lebih dalam pada dermis, warna menjadi biru disebut Nevus Biru.
4. Nevus sel Spindel dan Sel Epiteoid
  Suatu nodul soliter coklat kemerahan yang timbul pada wajah atau lengan atas
5. Nevus pigmen raksasa
  Suatu plakat coklat tua sampai hitam diameter  >10 cm. Dapat menjadi Nevus baju renang (Bathing trunk Nevi).
Beberapa contoh gambar bercak mongol :
C:\Users\Aspire 4520\Desktop\edit\folder\abang\images.jpgC:\Users\Aspire 4520\Desktop\edit\folder\abang\images1.jpg




C:\Users\Aspire 4520\Desktop\edit\folder\abang\index.jpg









Perbedaan umum antara Bercak mongol dan tanda kulit yang lain
Bercak Mongol
Tanda Kulit yang lain
1. Dilihat dari warnanya
Bercak mongol memiliki warna kebiru-biruan
2. Dilihat dari daerah pigmentasi
Daerah pigmentasi memiliki tekstur kulit yang normal.
3. Dilihat dari areanya
Dari areanya tersering di daerah belakang (lumbal sacral) karena banyak nya sel melanosit yang tertangkap pada bagian belakang yang menyebabkan bercak pada bayi yang sering dikenal dengan bercak mongol.
4. Dilihat dari nyeri
Tidak menyebabkan nyeri
5. Biasanya akan menghilang dalam hitungan bulan atau tahun.
6. Tidak ada komplikasi yang ditimbulkan.
7. Dihasilkan dari sel melanosit
1. Dilihat dari warnanya
Tanda kulit lain (Nevus pigmentosus) adalah berwarna coklat kehitaman
2. Dilihat dari daerah pigmentasi
Daerah pigmentasi memiliki tekstur yang mengalami perubahan permukaan. Tidak normal karena dapat mengalami penebalan  namun tidak terlalu berarti (Nevus pigmentosus)
3. Dilihat dari areanya
Dari areanya sering pada telapak tangan, telapak kaki dan genitalia (junction nevi)
Terdapat pada wajah (compound nevi)
Terdapat di leher dan kepala (Intradermal demi)
4. Dilihat dari nyeri
Bisa menyebabkan nyeri dan tanda-tanda inflamasi (nevus pigmentosus yang bisa menjadi berbahaya )
5. Biasanya menetap (nevus ota dan nevus ito)
Dapat menyebabkan degenerasi maligna, nevus pigmentosus pada usia 35 tahun.
Tranformasi maligna ditandai dengan adanya:
   -   Pembesaran
   -   Perubahan warna
   -  Terjadinya penebalan yang berlebihan
   -  Adanya nyeri
   -  Adanya tanda-tanda inflamasi
7. Dihasilkan dari sel nevus













2.6 Macam-macam tumor kulit yang berasal dari “Melanocytes System”
Mealnosit adalah sel berdendrit yang terdapat di epidermis dan dermis. Melanosit dermal tidak mempunyai nilai biologis yang berarti untuk manusia, kecuali dalam hal-hal tertentu, misalnya ada bercak mongoloid di daerah sakral yang terdapat pada waktu lahir. Hiperpigmentasi suatu tanda dari tumor jinak atau ganas. Tumor jinak (nevo celuller nevi) disebabkan oleh proliferasi sel nevus dalam kulit. Tumor ganas (melanoma) disebabkan oleh transformasi maligna dari melanosit atau sel nevus.
Klasifikasi
Tumor yang berasal dari melanocytes system terbagi atas:
I. Tumor Benigna
  1. Dari sel nevus
- Nevus pigmentosus
- Congenital melanocytic nevi
- Halo nevus
-  Nevus spilus
-  Spindle cell nevus
-  Labial melanotic macules
-  Displaticn evi
2.      Dari sel melanosit
-  Becker’s nevus
-  Freckles
-  Lentigines
-  Lentiginous syndrome
-  Cafe au lait syndrome
-  Mc Cune-Albright syndrome
-  Mongolian spots
-  Nevus of Ota
-  Nevus of Ito
-  Blue nevi
II. Tumor Maligna
-  Melanoma Maligna
TUMOR BENIGNA DARI SEL NEVUS
-  Nevus pigmentosus
Tumor jinak melanosit yang tersusun dari sel-sel nevus, yang berpotensi berkembang menjadi Melanoma Maligna.
-  Congenital melanocytic nevi
Suatu nevus kongenital yang sudah ada sejak lahir, yang bervariasi ukurannya, bisa berambut dan didominasi oleh warna hitam dan coklat. Biasanya rata, pada waktu lahir, tetapi dapat menebal pada masa anak-anak.
-  Halo nevus
Suatu nevus yang berkembang berbentuk batas putih, biasanya simetris, bulat, dengan batas tegas ( daerah halo). Tanda-tanda inflamasi kronis sering dijumpai, biasanya terdapat di leher.
-  Nevus spilus
-  Berbentuk oval, melingkar, berwarna coklat dan berbintik-bintik kehitaman
-  Spinale cell nevus
Lesi berupa papul atau nodul dengan permukaan yang halus atau kasar, berukuran 0,3-1,5 cm, tidak berambut, berwarna merah atau coklat kemerahan yang disebabkan oleh vaskularisasi dan oerdarahn setalah trauma.
-   Labial melanotic macules
Biasanya berwarna cokelat dan terdapat pada bibir bawah, terutama pada gadis remaja. Secara histologis menyerupai bintik-bintik, bukan lentigo, dan tidak semakin gelap pada pemaparan dengan sinar matahari.
- Displaticn evi
Distribusi nevus ini biasanya pada lengan dan tungkai, daerah tubuh yang tak terpapar sinar matahari, payudara, kulit kepala, dan pantat. Jumlahnya antara 10 tetapi dapat mencapai lebih dari 100 buah. Biasanya timbul pada usia antara 2-6 tahun, insidensinya meninggi pada usia pubertas, dan selanjutnya dapat timbul nevus baru sepanjang hidupnya.
TUMOR BENIGNA DARI SEL NEVUS
-          Becker’s nevus
Biasanya ruam berupa irreguler yang berawrna cokelat dan berambut, timbul pada bahu orang dewasa, punggung, dan area sub mamae. Ukurannya bervariasi dan dapat menutupi seluruh bahu dan lengan atas, berbatas tidak tegas dan tidak pernah berubah kearah keganasan.
-          Freckles
Lesi berupa makula merah atau coklat muda berbatas tegas, diameter (5 mm) mengenai daerah kulit yang terpapar sinar matahari, dimulai pada masa anak-anak dan cenderung memudar setelah dewasa. Umumnya pada umur 2-4 tahun, tidak dijumpai pada bayi.
          Lentigines
Kelainan kulit berupa makula berwarna coklat sampai coklat tua, bulat atau oval, ukuran kurang dari 5 mm. Dapat ditemukan pada seluruh permukaan kulit termasuk telapak tangan, telapak kaki dan membran mukosa.
       -     Lentiginous syndrome
Lesi lentigo umumnya multipel, timbul satu atau dalam kelompok kecil, sejak masa kanak-kanak.
       -     Cafe au lait syndrome
Lesi berupa makula berwarna coklat muda, bulat, oval, pinggir tidak teratur; multipel. Dapat timbul setelah lahir dan berkembang setelah itu. Meskipun banyak individu dengan cafe’au lait spots adalah normal.
          Mc Cune-Albright syndrome
Bentuk yang lengkap dari trias cafe’au lait spots, polyostotic fibrous displasia dan endocrine dysfuntion sering bermanifestasi pada precocious pubertas.
 Mongolian spots
Kelainan ini ditemui sejak lahir, berupa bercak kebiru-biruan atau coklat keabu-abuan pada daerah lumbosakral bagian sentral. Ukuran bercak mencapai maksimal pada usia 2 tahun, sedangkan intensitas warna maksimal pada umur 1 tahun. Ukuran lesi bervariasi dari beberapa milimeter sampai sentimeter. Lesi dapat soliter maupun multipel. Pada kebanyakan kasus dapat mengalami regresi spontan, namun ada juga yang persisten. Pigmen melanin yang terdapat pada bercak ini terletak didalam melanosit yang berbentuk fusiform, dopa positif dan dijumpai pada dermis bagan tengah (mid dermis).
-         Nevus of Ota
Nevus ota adalah hiperpemgmentasi yang dijumpai pada daerah yang dipersyarafi oleh cabang pertama dan kedua nervus trigemimus.
-          Nevus of Ito
Merupakan variasi dari nevus ota yang dicetuskan oleh ito. Kedua nevus ini dapat terjadi pada seorang penderita. Pada nevus ito, kelainan kulit terdapat pada daerah yang dipersyarafi n. Supra klavikula lateralis, dan n. Brakhial lateralis. Pigmentasi pada nevus ito tampak lebih difus.
-         Blue nevi
Terdiri dari 2 tipe yaitu, common blue nevus ( berupa nevus yang kecil, bulat, berwarna biru atau biru kehitaman. Permukaan licin, berbentuk flat atau nodul) dan celluler blue nevus ( bentuk yang jarang ditemui, cenderung lebih besar dan berukuran lebih dari 1 cm biasanya berlokasi di daerah sacrococcigeal, dorsal tangan dan kaki).
TUMOR MALIGNA
-         Melanoma maligna
Adalah tumor ganas kulit yang berasal dari sel melanosit dengan gambaran berupa lesi kehitam-hitaman pada kulit. Sering terjadi pada usia 30 sampai 60 tahun. Frekuensi sama pada pria maupun wanita.
2.7 Penatalaksanaan
Bercak mongol biasanya menghilang dalam beberapa tahun pertama, atau pada 1-4 tahun pertama sehingga tidak memerlukan perlindungan khusus. Namun, bercak mongol multiple yang tersebar luas, terutama pada tempat-tempat biasa, cenderung tidak akan hilang, tapi dapat menetap sampai dewasa. Sumber lain menyatakan bahwa bercak mongol ini mulai pudar pada usia dua tahun pertama dan menghilang antara usia 7-13 tahun. Kadang-kadang juga menghilang setelah dewasa. Sebagian kecil, sekitar 5% anak yang lahir dengan bercak mongol masih memiliki bercak mongol hingga mereka dewasa. Bercak mongol ini biasanya tidak berbahaya dan tidak memerlukan perawatan ataupun pencegahan khusus.(1)
Nervus Ota (Daerah zigomaticus) dan Nervus Ito (daerah sclera atau fundus mata atau daerah delto trapezius) biasanya menetap, tidak perlu diberikan pengobatan. Namun, bila penderita telah dewasa, pengobatan dapat dilakukan dengan alasan estetik. Akhir-akhir ini dianjurkan pengobatan dengan menggunakan sinar laser.
Asuhan yang diberikan oleh bidan diantarnya :
ü      Bidan menjelaskan kepada orang tua bayi mengenai bercak mongol.
ü      Bidan menjelaskan bahwa bercak mongol biasanya akan menghilang setelah beberapa pekan sampai 1 tahun dan tidak akan berbahaya serta tidak memerlukan pengobatan hanya cukup dilakukan tindakan konservatif.
ü                             Bidan             memberikan            informasi   kepada keluarga   untuk mengurangi kekhawatiran/kecemasan.
ü      Pengobatan dapat diberikan dengan alasan estetika.










BAB III
PENUTUP

3.1   Kesimpulan
1. Bercak mongol adalah bercak berwarna  biru yang terlihat di daerah lumbo sacral  pada     bayi yang memiliki pigmentasi kulit warna seperti memar.
2.   Bercak mongol merupakan bawaan sejak lahir, warna khas dari bercak mongol ditimbulkan oleh adanya melanosit yang mengandung melanin pada dermis yang terhambat selama proses migrasi dari krista neuralis ke epidermis. Kemunculan tanda lahir disebabkan juga oleh adanya hal-hal tertentu yang terjadi dalam proses jalan lahir,misalnya trauma lahir atau terjadi pembuluh darah yang melebar.
3.   Tanda lahir ini biasanya berwarna coklat tua, abu-abu batu, atau biru kehitaman. Terkadang bintik mongol ini terlihat seperti memar.
4.   Bercak mongol biasanya menghilang dalam beberapa tahun pertama, atau pada 1-4 tahun pertama sehingga tidak memerlukan perlindungan khusus. Namun, bercak mongol multiple yang tersebar luas, terutama pada tempat-tempat biasa, cenderung tidak akan hilang, tapi dapat menetap sampai dewasa.

3.2   Saran
1.   Dalam mempelajari hal yang lazim yang terjadi pada neonatus, seorang calon bidan diharapkan mengetahui  bercak mongol yang biasanya terjadi pada di sekitar lingkungan bidan.
2.   Kepada pembaca, jika menggunakan makalah ini sebagai acuan dalam pembuatan makalah atau karya tulis yang berkaitan dengan judul makalah ini, diharapkan kekurangan yang ada pada makalah ini dapat diperbaharui dengan lebih baik. 



DAFTAR PUSTAKA
Yeyeh Ai, SSiT.2010.Asuhan Neonatus Bayi dan Anak Balita. Jakarta : CV. Trans Info Medika
Dewi Vivian Nanny Lia, SST.2010. Asuhan Neonatus bayi dan Balita. Jakarta: Salemba Medika
Diunduh pada tanggal 21 April  2013 pukul 18.30 WIB
Diunduh pada tanggal 21 April 2013 pukul 18.30 WIB


askeb bercak mongol
(Single Link)

Terimakasih Telah Membaca Artikel Berjudul askeb bercak mongol Semoga Bermanfaat.


| Home | Disclaimer | Privacy Policy | Tukaran Link | Pasang Iklan | Mr.Google | Mr.Bing | FeedBurner | FB Kami | Twitter | Mobile Version |
Link Teman : Ane |
Copyright © 2014. - All Rights Reserved
Template Created by Ridwanz Hex
Proudly powered by Blogger